Senin, 25 April 2016

Contoh Teks Biografi

Nelly, RA Kartini Masa Kini
Oleh : Ilalang Akar Pertiwi                       

Nelly Ariska Septyana adalah anak pertama dari Ibu Nurlika dan Bapak Narsidi yang lahir pada 26 September 1999 di Klaten. Dia merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Adiknya bernama Nicko. Dan sekarang Nelly bersekolah di SMA Negeri 1 Pati.
Saat umurnya masih 3 tahun dan adiknya masih berumur 1,5 tahun, ayah yang belum cukup ia kenal dengan baik, meninggalkan dia dan keluarga kecilnya dari dunia selama-lamanya. Sehingga ibunya harus merangkap sebagai ibu rumah tangga sekaligus kepala keluarga.
Ujian tak berakhir di situ. Setelah Ujian Nasional SMP, keluarga Nelly tertimpa musibah. Ibunya terkena PHK dan keluarganya selama hampir satu tahun hanya menyandarkan hidupnya pada tabungan yang tak seberapa. Hingga hampir saja Nelly dan adiknya putus sekolah.
Untung saja, Nelly adalah gadis yang pandai. Saat duduk di bangku SMP Negeri 2 Pati ia menyabet beberapa prestasi dalam OSN IPS tingkat provinsi. Hal inilah yang menarik perhatian SMA Negeri 1 Pati yang notabenenya SMA terbaik se-kabupaten Pati terhadap gadis berkulit coklat ini. Salah satu guru di bidang kesiswaan menawari Nelly untuk masuk SMA Negeri 1 Pati tanpa biaya. Dan tentu saja, hal ini merupakan jawaban atas doa-doanya. Nelly selalu bersyukur kepada Allah dan selalu mengingat perkataan ibunya bahwa selalu ada jalan untuk anak yang memiliki semangat untuk bersekolah.
Kesuksesan hidup Nelly didasarkan pada motivasi hidupnya yaitu Trial and Error, yang berarti mencoba, gagal, mencoba, gagal, dan mencoba hingga berhasil. Semangat yang besar inilah yang membedakan Nelly dengan teman-temannya. Ia sangat rajin belajar dan selalu aktif di kelas. Walaupun ia tidak mengikuti les apapun, ia tidak mengalami ketertinggalan, karena ia selalu mendengarkan penjelasan guru dan tak sungkan bertanya apabila tak mengerti.
Di SMA Negeri 1 Pati, kisah Nelly terbilang cukup sukses. Karena sekarang dia menjabat sebagai sekretaris umum di salah satu organisasi yang ada di SMA Negeri 1 Pati yaitu PMR. Ia juga tergabung dalam tim OSN Kebumian dan tim Empat Pilar. Ia menyukai OSN Kebumian karena rasa cintanya terhadap mata pelajaran Geografi yang ia salurkan dengan mengikuti dan berkompetisi dalam OSN Kebumian. Sedangkan Empat Pilar, ia mengikutinya karena rasa cintanya terhadap politik di Indonesia. Kelak ia ingin mengabdi sebagai Menteri Negara dan guru besar mata pelajaran Geografi, sesuai dengan yang ia cita-citakan.
Tokoh yang menginspirasinya yaitu Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Nelly begitu kagum dengan beliau karena sosok Bapak Jokowi yang sedikit bicara, namun lebih banyak tindakan. Hal inilah yang ia teladani dan ia terapkan dalam kehidupan sehari-harinya.
Seperti kebanyakan remaja lainnya, Nelly mempunyai hobi. Hobinya yaitu, berselancar di internet, menonton film, membaca artikel tentang politik Indonesia, serta menulis. Sejauh ini, ia telah menghasilkan dua mahakarya cerpen yang berjudul Do You Love Me? dan Fashion and Passion. Namun ia juga memiliki hobi yang terbilang unik dan tetap ia jalankan yaitu menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri entah bagaimana caranya.

Nelly adalah satu dari remaja lainnya yang mempunyai kisah hebat dalam hidupnya. Berbagai masalah ia lalui tanpa berputus asa. Ia mempunyai sifat pekerja keras dan berpendirian tegas. Dan ia pantas dijadikan contoh untuk teman-teman dan adik-adiknya. Hal inilah yang menjadi kunci sukses kehidupan Nelly Ariska Septyana. Sukses selalu Nelly!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk menghargai kerja keras saya, sempatkanlah meninggalkan komentar. Terima kasih.
Anda Segan, Saya Sungkan.